Tuesday 8 November 2016

Contoh tidak baik saat guru mengajar


Pak, duit jangan dibakar.

Ada ungkapan yang berbunyi "Guru digugu dan ditiru". Artinya seorang guru dipercaya dan menjadi teladan bagi muridnya. Guru dituntut harus profesional mengingat peran guru yang begitu besar daan sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Guru yang profesional harus mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi daalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan memahami berbagai kesalahan faatal yang dilakukan guru, seoraang guru diharapkan dapat berusaha menghindaaari atau paling tidak meminimalisir kesalahan-kesaalahan yang bisa muncul selama kegiatan belajarmengajar. 

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang guru didalam kegiatan pembelajaran:

Duduk di Atas Meja ketika Mengajar

Duduk itu di kursi, bukannya malah di meja.
Kita tentu mempunyai peraturan yang melarang siswa duduk di atas meja. Namun apa jadinya jika peraturan tersebut dilanggar oleh guru? Seorang guru yang duduk di atas meja ketika mengajar sebenarnya telah melanggar etika dan tidak menghargai muridnya, padahal guru dan murid sama-sama ingin dihaargai.

Ketika saling menghargai tumbuh antara guru dan murid, iklim belajar mengajar akan berjalan lebih optimal.Murid yang merasa dihargai oleh gurunya akan semakin semangat di dalam belajar. Lebih jauh, mateeri yang diberikan oleh guru juga akan lebih mudaah dipahami.

Mengajar sambil Merokok

Jangan bikin asap di dalam kelas ya pak
Asap rokok dari guru tentu mengganggu konsentrassi belajar dan kesehatan muridnya, terutama yang peka terhadap asap rokok. Murid yang alergi terhadap asap rokok dapat mengalami batuk dan sesak napas. Secara bersamaan, murid tidak akan bisa berkonsentrasi terhadap materi yang sedang dipelajari.

Oleh karena itu sepatutnya seorang guru tidak memberikan contoh tingkah laku yang dapat mengganggu kesehatan dan membahayakan kesehatan muridnya, misalnya merokok.

Mengajar sambil Bermain Handphone

Cuma ilustrasi
Menggunakan handphone ketika proses KBM berlangsung sebenarnya tidak dilarang, tetapi harus dengan tujuan yang dapat dibenarkan. Misalnya untuk mencari informasi tambahan melalui internet maupun untuk menggunakan kalkulator.

Ada beberapa pendidik yang kurang berhati-hati tentang masalah penggunaan handphone ini. Kadang kita jumpai seorang guru asyik menelepon dan tertawa-tawa, sedangkan siswanya disuruh mengerjakan tugas. Tentu saya hal seperti ini akan merusak citra guru tersebut di mata anak didiknya.


sumber :http://www.pendidikandasar.net/2015/04/kesalahan-kesalahan-yang-sering.html

0 komentar: